Solusi Melewati Proses Penyesuaian Diri Dalam Lingkungan Kerja Baru


Pada saat berada pada lingkungan baru, terkadang kita akan merasa canggung dan perlu penyesuaian. Penyesuain diri pada lingkungan memang tidaklah mudah, semua tegantung kita dapat beradaptasi atau tidak. Bila Kita mudah berbaur dengan lingkungan kerja yang baru maka kedepannya komunikasi akan berjalan lebih lancar. Namun bila sebaliknya, Kita kurang berani menyesuaikan diri maka akan kesulitan kedepanya. Ketika proses penyesuaian diri, terkadang Kita merasa malu atau takut untuk berbaur dengan rekan kerja. Hal ini justru dapat mengganggu hubungan kerja karena kurangnya komunikasi antara rekan kerja. Jika Anda kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru, berikut ini akan Kami jabarkan penjelasaan mengenai cara sederhana mempermudah proses penyesuaian diri dalam lingkungan kerja baru:

1. Lakukan sosialisasi dengan rekan kerja
Bila berada pada lingkungan kerja baru, Anda harus cepat beradaptasi dan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja. Jangan menjadi orang yang selalu berdiam diri meski Anda masih baru. Dalam menjalankan pekerjaan tentu Anda tidak bisa melakukan semua pekerjaan sendiri. Dalam berkerja tentu perlu adanya kerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan pimpinan kantor. Jadi, mulailah berbaur dengan rekan kerja agar terjalin komunikasi yang baik sehingga pekerjaan akan semakin mudah diselesaikan.

3. Jangan sok tau
 
Bila Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan atau ditanya mengenai pekerjaan yang Anda tidak tahu maka jawab saja yang sejujurnya. Kurangi sikap sok tau, hal ini untuk menghindari penilaian negatif mengenai sikap dan prilaku Anda. Bila Anda sok tau namun Anda tidak dapat mengerjakan pekerjaan yang diberikan maka dapat mengurangi kepercayaan dari pimpinan maupun rekan kerja.

4. Disiplin dan taat peraturan
Selalu patuhi perintah yang diberikan oleh pimpinan atau rekan kerja yang lebih senior dan jangan suka untuk membantah perintah. Jika diberikan perintah, Anda perlu mencatat sehingga Anda tidak lupa dengan apa yang diperintahkan. Pekerjaan yang cukup banyak mengakibatkan seseorang terkadang lupa dengan perintah yang diberikan. Bila lupa terkadang Kita sering bertanya kembali pada pimpinan atau rekan kerja yang lebih senior, namun bila dilakukan berulang-ulang dapat mengakibatkan orang yang bersangkutan menjadi marah.

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Daftar Teks

  • Tampilan Menarik
  • Desain Kekinian
  • Responsive di semua perangkat
  • Banyak pilihan tampilan
  • Harga terjangkau