Tips Jitu Membuat Hasil Foto Smartphone Terlihat Profesional

Tips Jitu Membuat Hasil Foto Smartphone Terlihat Profesional

Tips Jitu Membuat Hasil Foto Smartphone Terlihat Profesional

Bila tidak ada biaya untuk membeli Kamera digital, banyak fotografer amatir yang memanfaatkan Smartphone untuk mengambil foto.

Kini banyak Smartphone yang memiliki kamera dengan resolusi tinggi dan menghasilkan gambar yang maksimal. Pada saat melakukan foto hanya berdasarkan background dan objek. Namun untuk menghasilkan foto yang profesional perlu adanya teknik yang tepat.

Teknik tersebut memang merupakan hal yang utama saat melakukan pengambilan foto, namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar foto lebih terlihat profesional. Berikut ini tips sederhana agar hasil foto Smartphone terlihat profesional:

Baca juga: Mengubah Ukuran Gambar dengan CSS

1. Stabil memegang Smartphone

Jika sedang melakukan pengambilan foto, Anda disarankan untuk menjaga kesetabilan tangan dan jangan bergerak-gerak.

Bila banyak melakukan gerakan dapat menyebabkan hasil foto kurang maksimal. Ketika menekan tombol untuk foto, usahakan jangan bergerak beberapa saat hingga hasil foto muncul.

Terkadang hanya karena gerakan sedikit, hasil gambar terkadang buram dan kurang maksimal.

2. Jangan gunakan fitur zoom

Ketika mengambil foto menggunakan kamera Smartphone, Anda di sarankan untuk tidak menggunakan fitur zoom supaya Hasil Foto Smartphone Terlihat Profesional.

Saat pengambilan foto, lebih baik untuk bergerak mendekati objek foto agar resolusi foto dapat maksimal dan gambar bersih dari noise.

Bila Anda menggunakan fitur zoom, resolusi kecerahan foto akan berkurang dan hasilnya pecah bahkan terdapat banyak noise.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kecepatan Situs Website

3. Hindari penggunaan filter saat memotret

Pada aplikasi kamera memang terdapat fitur filter yang memuat foto lebih indah dan dapat dilihat secara langsung.

Namun lebih baik menggunakan filter setelah foto diambil (pada proses editing) dari pada menerapkan filter pada saat pengambilan foto.

4. Pencahayaan

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal perlu memperhatikan pencahayaan.

Pencahayaan dapat berasal dari sinar matahari, lampu neon atau lampu kilat atau flash.

Dalam pengambilan foto, hindari melawan arah cahaya kecuali jika berniat menghasilkan efek siluet.

Pertimbangkan juga melakukan foto menggunakan cahaya pada satu sisi yang dapat berpengaruh pada tekstur dan ke dalaman warna foto.

5. Perhatikan komposisi

Kualitas hasil foto ditentukan oleh komposisi dasar garis bantu (rule of third), framing, sudut pengambilan gambar (angle of view) dan lain sebagainya.

Teknik komposisi memang tidak harus dikuasai secara keseluruhan hanya pemahaman agar kualitas foto yang dihasilkan lebih maksimal.

6. Gunakan aplikasi edit foto

Bila hasil foto telah didapat, selanjutnya adalah proses penyempurnaan foto agar lebih indah dan menarik. Untuk melakukan penyempurnaan perlu dilakukan edit foto menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menggunakan software pada PC.

Aplikasi yang cukup bagus digunakan pada Smartphone salah satunya adalah VSCO Cam. Jika menggunakan PC atau Laptop dapat menggunakan Photoshop atau yang lainnya.

Tips Jitu Membuat Hasil Foto Smartphone Terlihat Profesional ini belum saya coba, silahkan anda coba sendiri karena disini saya hanya bertugas sebagai penulis. :)

Baca juga: Bagaimana Agar Penjualan Meningkat

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Daftar Teks

  • Tampilan Menarik
  • Desain Kekinian
  • Responsive di semua perangkat
  • Banyak pilihan tampilan
  • Harga terjangkau