Hal Yang Menyebabkan Penjualan Produk Kurang Laku




Ketika menjalankan bisnis penjualan, terkadang produk yang dijual bisa laku atau tidak laku. Hal ini karena tergantung produk yang di jual. Banyak penyebab produk tidak laku di pasaran, misalnya: strategi penjualan yang salah, produk kurang berkualitas, produk kurang familiar, kurang inovasi dan lain sebagainya. Seiring dengan pesatnya laju pertumbuhan dalam dunia bisnis, para pebisnis dituntut untuk selalu berinovasi agar produk yang dijual laku di pasaran. Saat ini banyak konsumen mulai kritis dengan produk yang dijual sehingga mereka selalu hati-hati dalam membeli sebuah produk. Berikut ini Kami akan mencoba menjelaskan beberapa penyebab konsumen jarang membeli produk yang dijual:

1. Produk yang dijual jarang dibutuhkan oleh konsumen
Setiap bisnis terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan, misalnya: produk yang dijual sering dibutuhkan konsumen atau tidak. Pebisnis perlu melakukan survei pasar untuk mengetahui kebutuhan yang banyak dibutuhkan konsumen. Hal ini dilakukan agar produk yang nantinya akan dijual banyak diminati oleh konsumen.


2. Manfaat dari produk belum diketahui konsumen 
Banyak hal yang sering dipertimbangkan saat membeli produk, misalnya: saat membeli makanan yang sering diperhatikan adalah rasa dan tampilan, bila membeli produk elektronik yang sering dicek adalah kualitas barang dan spesifikasi. Selain itu, yang sering diperhitungkan ketika membeli produk adalah manfaat yang diperoleh dari produk yang dibeli. Ketika menjual barang, hal yang harus diperhatikan adalah kemasan produk, kualitas barang dan manfaat produk.

3. Produk belum dikenal konsumen 
Jika Anda ingin produk laku, lakukan kegiatan promosi dan marketing agar produk dapat dikenal luas. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk promosi produk, misalnya: dengan memberikan promo harga, memasang iklan pada media sosial atau yang lainnya.

4. Produk yang dijual sulit dijangkau
Terkadang banyak produk yang dipromosikan oleh pebisnis sulit ditemui di pasaran. Hal ini karena produk belum merata dan belum menyebar diberbagai wilayah. Sulitnya mendapatkan produk yang dijual menjadi penyebab orang jarang membeli produk yang dijual. Pada dasarnya konsumen menginginkan produk yang dijual mudah untuk ditemui di pasaran. Bila Anda sulit untuk memenuhi hal tersebut, Anda dapat membangun website toko online untuk menjual produk tersebut. Jadi, jika produk sulit ditemui konsumen, mereka dapat membelinya secara online.

Produk tidak laku bukan berarti produk Anda tidak berkualitas, namun Anda perlu memikirkan strategi pemasaran produk dan survei pasar. Hal ini untuk mengetahui permintaan pasar sehingga penjualan dapat meningkat. Selalu tingkatkan kualitas produk dan selalu berinovasi untuk menciptakan produk terbaru sehingga konsumen semakin banyak.

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Daftar Teks

  • Tampilan Menarik
  • Desain Kekinian
  • Responsive di semua perangkat
  • Banyak pilihan tampilan
  • Harga terjangkau